Peluang Bisnis TANPA MODAL

PELUANG BISNIS ONLINE TANPA MODAL 


Disusun oleh :

Yuanda Rahmat Hidayatullah
17.92.0027


FAKULTAS EKONOMI & SOSIAL

 PRODI KEWIRAUSAHAAN


UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA


A.ABSTRAK
Zaman globalisasi dewasa ini menjadi semakin maju tetapi sayangnya tidak diikuti oleh perekonomian negara kita yang masih jauh tertinggal. Sudah banyak perkembangan zaman yang bisa kita lihat disekitar kita saat ini. Salah satunya ialah penggunaan Internet dan smartphone yang makin diminati dan semakin meningkat setiap tahunya.. Adanya fitur – fitur social media yang mudah diakses dan ditawarkan dalam internet ini tentunya semakin mempermudah kita dalam berkomunikasi dan tetap terhubung dengan teman, sahabat, bahkan kerabat yang jarang kita jumpai dalam keseharian karena padatnya rutinitas yang kita jalani sehari – hari. Dengan tersedianya fasilitas – fasilitas social media yang semakin memudahkan kita tidak hanya dalam berkomunikasi tetapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari.  Hal ini jelas menarik keinginan para produsen atau afiliate ( perorangan yang menjualkan produk orang lain ) untuk mencari celah atau peluang usaha dengan mengambil keuntungan yang didapat dari banyak pengguna smartphone saat ini.  Dengan hanya bermodalkan internet dalam keseharian ditunjang pula dengan fasilitas internet yang semakin luas, kita dapat mencoba suatu bentuk usaha yang dapat ditawarkan kepada konsumen termasuk dalam interaksi jual belinya. Saat ini ada satu tren yang sedang mengemuka di dunia, bahkan di Indonesia, yakni belanja online, atau sering disebut online shop.

Online Shop terhitung mudah di jalankan, dan murah, karena tidak membutuhkan modal yang besar. foto produk serta akses internet untuk menjalankannya, bisnis online shop ini sudah dapat berjalan Tujuan dari pembuatan usaha online shop ini ialah lebih kepada meningkatkan kesejahteran atau perekonomian perorangan yang bersifat pribadi. Penyusun ingin mencoba mengaplikasikan apa yg telah kami pelajari selama ini dengan menggabungkan kemampuan penyusun dan melihat peluang yang ada untuk membuka usaha yag dapat membantu dan meningkatkan perekonomian atau kesejahteran pribadi kami masing – masing terlebih dahulu. dimana internet sedang maju dengan pesat pesatnya, bahkan sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk di dunia.                                               

C. TUJUAN
  Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengajak khalayak umum untuk mendiriKAN bisnis online dengan mudah dan tanpa modal, serta bertujuan menambah wawasan tentang berbisnis tren kuliner yang kita aplikasikan ke media online.
                                               
D. MANFAAT
            Dengan ini diharapkan pembaca dapat memahami sepintas tentang menariknya kewirausahaan di bidang bisnis online dengan tren yang tidak ada habisnya, dengan begitu akan terwujud suatu tindakan yang tepat untuk mendirikan & mengembangkan  jiwa kewirausahaan tersebut. Sehingga akan terciptanya sumber daya manusia yang profesional.


ISI
Membicarakan tentang bisnis kuliner berarti kita sedang membicarakan sebuah bisnis peka jaman yang tidak akan ada habisnya. Sebagai salah satu kebutuhan pokok, makanan tentu akan selalu dicari dan dibutuhkan. Oleh karena itu layak jika ranah bisnis yang satu ini tidak pernah sepi dari yang namanya inovasi.
Lebih dalam, salah satu hal yang menjadi kunci sukses sebuah usaha kuliner yakni mengenai branding atau pengenalan merek usaha. Sebagai ujung tombak bisnis, brand atau merek tentunya harus dibuat semenarik mungkin agar mudah diingat serta mampu merepresentasikan produk tersebut. Seringkali dibutuhkan kreatifitas lebih serta waktu yang tidak sebentar untuk menciptakan hal tersebut.







Pembahasan
Peluang Usaha Online yang Bisa Anda Mulai Sekarang Juga dengan Modal Kecil

Sewaktu masih duduk di bangku sekolah & kuliah, banyak orang kenal dengan teman - teman yang ingin menjadi pengusaha setelah menyelesaikan pendidikan. Tapi sekarang, akhirnya jadi pegawai kantoran.Tentu saya pun heran, karena dari sekian banyak orang yang bercita-cita menjadi pengusaha, kenapa hanya sedikit yang akhirnya punya bisnis.
Bahkan dari survey yang saya lakukan beberapa bulan yang lalu, ada sekitar 80% pegawai yang dulunya pernah bercita-cita menjadi pengusaha. Setelah diteliti lebih lanjut, ada 3 alasan utama :
Ø Pertama, tidak tahu peluang usaha apa yang lebih menguntungkan dan lebih stabil/terjamin daripada pekerjaan kantoran.
Ø Kedua, tidak ada modal atau hanya punya modal kecil. Ini yang paling sering terjadi. Mereka menganggap semua bisnis itu membutuhkan modal yang besar, akhirnya mereka memutuskan bekerja dulu sambil mengumpulkan modal. Dari situ, muncullah 1 alasan lagi. Dan ini yang paling tragis.
Ø Ketiga, sudah terlanjur bekerja dan berkeluarga. Beban mereka semakin berat karena harus mengurus keluarga. Kalau pekerjaannya ditinggalkan, resikonya besar. Parahnya lagi, karena sibuk bekerja maka mereka tidak bisa memulai bisnis.
Untuk anda yang mengalami 3 permasalahan di atas, artikel ini adalah solusinya.
Berikut ini adalah 10 peluang usaha yang bisa dilakukan secara online, tidak menyita waktu, dan bisa dimulai dengan modal kecil. Dan yang terpenting, potensinya sangat besar.

Ide bisnis mana yang terbaik?
Sebelum kita mulai, karena di bawah ini ada lebih dari 30 ide bisnis, maka anda mungkin akan merasa malas untuk scroll sampai akhir. Karena itu, ini beberapa yang saya rekomendasikan :
1.    Berjualan online: kalau anda sudah punya gambaran produk apa yang ingin dijual
2.    Membuat blog: kalau anda suka menulis atau belum tahu ingin menjalankan bisnis apa


1. Menjual produk secara online di website sendiri
Banyak orang yang melakukan ini, karena memang prosesnya mudah dan penghasilan yang didapatkan tidak main-main. Banyak orang yang sekarang sudah berjualan 100% online. Dengan berjualan secara online, prosesnya bisa dilakukan darimana pun selama ada internet. Karena itu, model bisnis ini juga bagus untuk anda yang punya kesibukan lain. Tapi biasanya orang yang gaptek sudah takut duluan, padahal tidak susah sama sekali kalau anda mempunyai passion dan tekad yang kuat Anda bisa menggunakan beberapa platform berikut:
·      Shopify – mulai dari $14 per bulan, lebih mudah dan fitur lengkap
·      WebPraktis – mulai dari Rp 680ribu per tahun
·      Jarvis Store – gratis untuk 20 produk!
·      BBM & Whatsapp – sudah banyak toko online yang bisa berjualan hanya dengan memanfaatkan aplikasi chatting ini
·      Instagram – karena merupakan social media berbasis gambar, bisa digunakan untuk berjualan online juga
·      WordPress + WooCommerce – sekitar $40 per tahun untuk domain & hosting
Gunakan Jarvis Store atau WebPraktis kalau anda tidak ingin ribet. Keduanya berbahasa Indonesia, jadi kalau ada yang bingung bisa tanya langsung ke customer service-nya.
Darimana mendapatkan produk untuk dijual?
Untuk Anda yang sudah memiliki produk sendiri, tentunya ini bukan masalah. Tapi bagaimana belum punya, dan belum berencana untuk membuat produk?. Anda bisa ikuti langkah berikut:
1.   Tentukan produk apa yang ingin anda jual
2.   Temukan supplier utama dari produk tersebut, atau
3.   Ajak orang yang sudah berjualan tapi belum online sebagai partner, atau
4.   Dropship (dibahas di bawah)
Menjual produk adalah cara termudah untuk mendapatkan penghasilan.Langkah tersulit adalah menentukan produk untuk dijual, setelah produknya ditentukan maka selanjutnya tidak akan ada masalah lagi.

2. Yang lebih mudah lagi, berjualan di pasar online
Meskipun membuat website itu mudah, tetap saja butuh belajar. Apalagi anda adalah pelaku bisnis ototidak. Dan solusinya adalah : Jualan di marketplace (alias pasar online).
Kalau anda sudah tahu apa yang ingin dijual dan ingin langsung berjualan dalam 5 menit ke depan. Inilah adalah solusi yang paling tepat untuk anda. Karena di marketplace sudah ramai, jadi anda bisa langsung mendapatkan pembeli. Dan berjualan di marketplace itu gratis, tetapi ada kelemahannya, yaitu anda berjualan di website milik orang lain, jadi ada banyak keterbatasan. Selain itu, anda jadi tidak bisa membangun brand sendiri karena bergantung dengan website marketplace tersebut.
Lalu bagaimana?
Jalan tengahnya, ketika baru mulai berbisnis, manfaatkan marketplace untuk mendapatkan pembeli & penghasilan. Setelah beberapa saat, buat website sendiri dan ajak calon pembeli di marketplace untuk berkunjung ke website anda sendiri.
Berikut contoh marketplace besar yang bisa anda manfaatkan:
·       Tokopedia
·       Bukalapak
·       Kaskus FJB
·       OLX
·       eBay (internasional)


3. Berjualan tanpa resiko dengan menjadi dropshipper
Dropshipping artinya kita berjualan tanpa memiliki stok. Ketika seseorang mengorder produk dari anda, anda mengajukan orderan tersebut ke pihak ketiga (suplier). Merekalah yang langsung mengirimkan barangnya kepada pembeli. Anda tidak perlu menyimpan barangnya.
Sistem dropshipping
Si suplier ini biasanya mengirimkan atas nama mereka, tapi kadang ada juga yang mau mengirimkan atas nama bisnis anda. Kedengarannya enak ya? .Memang ada keuntungan dari menjadi dropshipper seperti:
1.        Tidak butuh banyak modal untuk memulai
2.        Tidak butuh stok (stok berarti juga biaya)
3.        Bisa dilakukan dimana saja
Tapi meskipun demikian, ada juga kelemahannya:
1.        Margin keuntungan lebih kecil
2.        Tidak bisa memonitor stok di pihak ketiga
3.        Kualitas tidak terkontrol
Melihat untung dan ruginya, menjadi dropshipper tetap merupakan cara yang sangat mudah dan murah untuk mulai berbisnis online. Produk dropship-nya bisa anda temukan melalui:
·           Subforum ini di Kaskus
·           Cakning.com
·           Search di Google: gunakan kata kunci “dropship [nama produk]”. Kata dropship bisa coba diganti menjadi distributor, reseller, atau supplier
·           Order langsung dari penjual lain
Tetapi tetaplah berhati-hati, meskipun anda mengorder produk di pihak ketiga, tapi dengan menjadi dropshipper tanggung jawab kustomer ada di tangan anda.
Tips: beli dulu beberapa produknya sebelum mulai menjual, supaya anda sendiri tahu kualitasnya.


4. Menjadi publisher iklan untuk mendapatkan penghasilan semi-pasif
Sudah wajar orang tahu kenapa di internet banyak informasi gratis, dan kenapa orang rela menulis artikel-artikel yang bagus, kemudian diterbitkan secara terbuka di blog. Karena mereka mendapatkan penghasilan dari iklan. Inilah peluang usaha yang paling populer di antara mereka yang senang menulis dan berbagi pengetahuan. Cara kerjanya seperti ini:

Kita membuat website > menampilkan kode iklan > iklan muncul secara otomatis > pengunjung melakukan klik di iklan > kita mendapatkan komisi.

Itu adalah hal yang mudah karena anda hanya perlu copy-paste iklan, lalu iklan akan muncul secara otomatis. Setiap klik, maka kita mendapatkan penghasilan. Makanya model bisnis ini menjadi sangat populer. Yang perlu anda lakukan hanya:

1.        Membuat konten yang berkualitas
2.        Memancing orang lain agar mengunjungi website anda dan membaca kontennya

Untuk bisa sukses menjadi publisher iklan, anda HARUS punya konten yang berkualitas. Google tidak akan menerima website dengan kualitas rendah.



5. Mendapatkan komisi dari penjualan produk affiliate




Model bisnis ini dikenal dengan istilah affiliate marketing. Prosesnya seperti ini:Kita mempromosikan/merekomendasikan produk milik orang lain, kemudian ketika ada yang membeli atas rekomendasi tersebut maka kita akan mendapatkan komisi. Bedanya dengan dropshipping, kita hanya mempromosikan, tidak menjual. Pembeli akan langsung berhubungan dengan si penjual, bukan anda. Kira-kira alurnya seperti gambar ini.
Sama dengan menjadi publisher iklan, anda juga membutuhkan website sebagai media untuk mempromosikan produk affiliate. Kelebihannya dengan jumlah pengunjung yang sama, anda bisa menghasilkan lebih banyak dengan model bisnis afiliasi. Sebaliknya ,komisi per klik iklan jauh lebih kecil daripada komisi penjualan produk, dan sampai saat ini belum ada produk affiliate Indonesia yang bisa terjamin memberikan penghasilan tetap. Produknya ada, tapi kualitasnya lebih rendah dan daya beli masyarakat Indonesia lebih kecil. Oleh karena itu, anda harus membuat website dalam Bahasa Inggris.





6. Membuat dan menjual produk informasi
Produk informasi adalah produk yang isinya informasi berupa buku, ebook, video, atau audio. Misalnya produk video fitness yang berisi panduan gerakan-gerakan dalam berolahraga, atau ebook cara menurunkan berat badan. Produk informasi jauh lebih mudah dibuat daripada produk fisik, maka anda yang tidak berpengalaman sama sekali pun bisa membuat. Banyak orang-orang yang rela mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli produk berisi informasi. Ada 2 alasan :
·            Pertama, karena isinya lebih mendalam daripada sekedar artikel di blog.
·            Kedua, karena panduannya lebih terstruktur. Dari A ke B ke C sampai Z.

Tidak semua orang sempat membaca-baca dan menggali informasi dari sekian banyak website di internet. Karena itulah produk informasi menjadi populer.
Untuk membuat produknya:
1.    Temukan bidang keahlian anda. Anda tidak akan bisa membuat produk yang berkualitas tanpa memiliki pengetahuan yang memadai
2.    Temukan apa permasalahan terbesar orang-orang dalam bidang tersebut
3.    Buat solusinya dalam bentuk ebook, video, atau audio
Anda bisa membaca panduan belajar bisnis online ini yang membahas khusus proses pembuatan produk informasi mulai dari pemilihan topik sampai membuat website penjualannya. Kalau anda memang ahli pada suatu topik, tidak sulit untuk membuat produknya. Tantangan terbesar justru adalah menjual produk anda. Masalahnya tidak ada orang yang mau membeli panduan dari orang yang belum punya reputasi. Karena itulah sebagian besar penjual produk informasi memiliki blog.
Ini beberapa tempat untuk menjual produk informasi:
·       Ratakan
·       Jualio
·       Clickbank
·       Guides.co
·       Gumroad
·       Di blog/website sendiri
·       Di marketplace (seperti no. 2)
Gunakan Ratakan atau Jualio untuk produk Indonesia. Keduanya masih tergolong baru, jadi mungkin websitenya masih kurang nyaman digunakan. Sedangkan, kalau anda menjual ke luar negeri, gunakan Gumroad atau Clickbank. Menjual di website sendiri jauh lebih baik apabila anda sudah punya reputasi dan produk yang berkualitas karena menjual di pasar/marketplace berarti produk anda dicampur dengan produk lain yang kualitasnya rendah.


7. Menjadi guru dengan membuka kursus online
Anda tak perlu khawatir, karena anda tidak perlu menjadi guru sesungguhnya ,yang terpenting anda punya sesuatu untuk diajarkan. Saat ini, baik di luar negeri maupun di Indonesia kursus online sangat populer. Ini karena prosesnya lebih mudah dan dengan kursus online anda bisa mendapat lebih banyak murid.
Dalam kursus offline, biasanya si guru mengulang-ulang materinya setiap kali mengajar ke kelas baru. Tapi karena ini online, jadi kursusnya bisa direkam dan ditaruh di website. Memang mirip produk informasi, maka dari itu cara untuk memulainya sama dengan produk informasi. Tapi ada sedikit perbedaan: Karena bentuknya kursus, maka panduan yang anda berikan dibagi menjadi beberapa sesi yang diberikan di hari-hari yang berbeda. Seminggu sekali, misalnya. Selain itu dalam kursus online biasanya ada sesi tanya jawab.

Gunakan platform berikut untuk mulai menjual kursus online:
·           WordPress + plugin Zippy Courses
·           Teachable
·           Udemy
·           Guides.co
Sejauh ini, setahu saya belum ada platform khusus Indonesia seperti produk digital di atas. Dari keempat pilihan di atas, yang terbaik menurut saya adalah Teachable, karena prosesnya sangat mudah dan bisa digunakan di domain sendiri.
8. Menyediakan jasa desain grafis
Seorang graphic designer profesional bisa mendapatkan penghasilan lebih dari $100ribu per tahun (sekitar Rp 1 milyar). Tapi mereka yang profesional tentunya sudah punya banyak pengalaman dan portofolio. Bagi anda yang masih pemula, bisa menjual jasa desain grafis di beberapa marketplace seperti:
·           Sribu – desain logo Indonesia
·           99designs – desain logo (dll.) internasional
·           Fiverr – berbagai pekerjaan ringan, termasuk desain grafis mulai dari $5
Sebagai penyedia jasa desain grafis, peluang kerja anda tidak terbatas wilayah. Anda bisa mendapat klien dari luar negeri sekalipun, dan yang terpenting adalah, klien luar negeri bisa lebih menghargai karya kita dan mau membayar lebih mahal. Sebagian besar penyedia jasa di website-website di atas juga pemula. Jadi, anda tidak perlu takut kalau tidak terlalu mahir dalam desain.


9. Tidak ingin jasa desain? Coba jual stock desain grafis
Beberapa orang memang pada dasarnya tidak suka menjual jasa. Kalau anda termasuk tipe orang seperti ini, menjual stock bisa jadi alternatif yang menarik. Stock itu semacam template yang siap dikustomisasi dan siap pakai. Misalnya template Photoshop atau Illustrator, template presentasi, template logo, atau icon. Ketika seseorang membeli stock anda, maka dia bisa menggunakan desainnya untuk keperluan apapun. Berikut beberapa tempat menjualnya:
·           GraphicRiver
·           CreativeMarket
·           IconFinder (khusus icon)
Di komunitas di GraphicRiver ada forum yang isinya orang-orang Indonesia, kalau anda ingin melihat pengalaman-pengalaman mereka coba masuk ke forumnya.


10. Menjual foto royalty-free
Misalnya saya sedang membuat konten tutorial bermain gitar, untuk mempercantik kontennya saya butuh foto seseorang yang sedang bermain gitar. Masalahnya, saya tidak bisa memotret sendiri. Menyewa fotografer juga mahal. Solusinya adalah membeli lisensi foto royalty-free.
Foto royalty-free adalah foto yang bisa kita gunakan untuk keperluan apapun setelah satu kali membeli lisensinya. Sama seperti stock desain grafis, tetapi foto.
Foto-foto yang berkualitas dari fotografer profesional seperti ini banyak dibutuhkan oleh pemilik website dan pembuat konten seperti dalam contoh tadi. Karena itulah peluang usaha ini sangat menarik untuk anda yang hobi fotografi. Contoh tempat yang menjual foto royalty-free:
·                               iStockPhoto
·                               ShutterStock
Peluang ini hanya untuk anda yang memiliki skill dan perlengkapan fotografi profesional, karena kualitas foto anda harus top. Meskipun tidak sering terdengar, tapi ada juga yang membeli foto dari kamera iPhone.


Sumber :


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Cara Agar Branding Anda Menarik & Mudah Diingat

CARA MUDAH MENDAPATKAN UANG DENGAN BISNIS ONLINE